Jumat, 22 Juni 2012

e-commerce

 



“e-Commerce” Model Bisnis Masa depan
Oleh : Nukman Luthfie
Setiap bisnis online memiliki model bisnis masing-masing, entah itu B2B, B2Cmaupun C2C. Masing-masing juga memiliki sumber pendapatan yang berbeda pula. Sebagaicontoh, portal (berita) seperti
 Detik.com
berusaha menjaring sebanyak mungkin pembacaonline, dan mengandalkan iklan online sebagai sumber pendapatannya. Demikian pula portal berita lain seperti
 Kompas.com
,
Vivanews.com
,
Okezone.com
dan lainnya. Namun
 DetikPortal.com
mengandalkan pendapatan dari pelanggan berbayar. Sedangkan
 Juale.com 
mengandalkan dari sewa toko online.Google, Yahoo, dan Bing yang selama ini berkutat di mesin pencari online. BahkanTwitter dan Facebook yang merajai media sosial dunia pun (juga Kaskus.us yang menguasaimedia sosial lokal) masih melihat iklan online sebagai sumber pendapatan utama mereka.Tentu hal ini berbeda dengan model bisnis toko online, seperti
 Amazon.com
,
 Alibaba.com
,
eBay.com
(di luar), dan di dalam negeri
 Plasa.com
,
Tokopedia.com
,
Tokobagus.com
, serta
 Juale.com
, yang sumber pendapatan terbesarnya dari transaksi online, bukan iklan. Namun, saya menduga, ke depannya, sebagian besar bisnis online akan mencarisumber pendapatan lain melalui e-commerce.
 Detik.com
misalnya, sudah merintis denganmembangun
 Detikshop.com
sejak beberapa tahun lalu. Kaskus juga sudah membangunKaskus Jual Beli (KJB) sejak lama.
1
http://htmlimg4.scribdassets.com/1jxlz3j39cs1t7c/images/1-861559827f.pnghttp://htmlimg4.scribdassets.com/1jxlz3j39cs1t7c/images/1-861559827f.pnghttp://htmlimg4.scribdassets.com/1jxlz3j39cs1t7c/images/1-861559827f.pnghttp://htmlimg4.scribdassets.com/1jxlz3j39cs1t7c/images/1-861559827f.png
 
Mereka yang memiliki basis komunitas dan pembaca yang sangat besar, seperti
 Detik.com
dan Kaskus, selalu berusaha mencari jalan untuk memonetisasi trafik. Salah satu peluangnya adalah e-commerce.Mengapa ke e-commerce? Karena perilaku pengguna Internet di Indonesia sudahsemakin baik. Jika dulunya hanya membaca, kemudian interaksi via online, bahkan kemudian bermediasosial, “diam-diam” para pengguna Internet Indonesia juga membangun pengalamanmelakukan transaksi via online. Hasil riset dari AC Nielsen dua tahun lalu menunjukkan,hampir separo pengguna Internet di Indonesia pernah melakukan transaksi online. Kalau risetyang sama dilakukan tahun ini, kemungkinan besar angkanya akan naik.Itu sebabnya, Kaskus membangun kaspay yang menfasilitasi jual beli barang di FJB,dan mengambil komisi dari transaksi. Jangan heran pula jika Facebook pun sudah memilikiFacebook Credit yang bisa dibeli dengan kartu kredit atau Paypal, dan bisa digunakan untuk membayar berbagai game yang disediakan di Facebook. Bahkan, Facebook akan memperluasFacebook Credit untuk bisa dipakai sebagai alat bayar belanja online.Berhasil atau tidak langkah-langkah para portal-portal besar itu tidak perludiperdebatkan. Yang jelas, model bisnis portal akan berkembang ke arah e-commerce, bukanhanya mengandalkan iklan. Bagaimana caranya menuju ke sana, tiap portal akan membangunstrategi dan menyediakan layanan yang mungkin berbeda.Di tengah fenomena ini, saya sendiri, sangat merindukan alat bayar online yang khasIndonesia, dengan komisi transaksi yang murah, agar pasar transaksi online di Indonesiatumbuh pesat. Mengapa rindu? Sebab jika mengandalkan fasilitas dari luar, seperti Paypal,sangat mahal karena basis transaksinya US$. Sementara kartu kredit, kecuali masih mahalkomisinya, tidak disukai pengguna Internet di Indonesia.
E-COMMERCE GLOBAL
Aktivitas elektronik global seperti
electronic Funds Transfer
dan
 Electronik Data Interchange
dalam mendukung B2B dan repetitif lain serta transaksi keuanganstandardisasian, telah dilakukan kurang lebih sejak 25 tahun yang lalu. Keunggulan utamaaplikasi
e-commerce
ini terletak pada kemampuan untuk melakukan busines setiap saat, dari
2
http://htmlimg2.scribdassets.com/1jxlz3j39cs1t7c/images/2-baaee69ee7.jpg
 
 berbagai tempat dan biaya yang layak. Meskipun terdapat peluang dan benefit yangditawarkan oleh globalisasi, namun terdapat beberapa hambatan pada global
e-commerce
.Beberapa hambatan tersebut antara lain; perusahaan dihadapkan pada berbagai pekerjaanyang berisiko dan menjadi lebih sulit ketika dampak internasional dipertimbangkan.Hambatan ini meliputi autentikasi pembeli dan penjual, penggenerasian dan pemeliharaankepercayaan, pemenuhan order dan pengiriman atau distribusi barang dan jasa yang tepatwaktu, keamanan dan nama domain. Isu kultural, kultur dan transalasi bahasa, isuadministratif isu geografik dan lokalisasi serta isu ekonomi merupakan area identifikasiandari sifat atau penghalang yang dibuat seseorang untuk menghalangi
e-commerce
global.Solusi yang dapat diaplikasi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu; menjadi strategik,mengenal audiensi, melakukan lokalisasi, berpikir global dan bertindak secara konstan,menilai campur tangan manusia, mengklarifikasi, mendokumentasi dan menjelaskan sertamenawarkan jasa yang dapat mereduksi hambatan.Aplikasi
e-commerce
 juga termasuk aplikasi internet pada usaha kecil dan menengahdipertimbangkan sebagai alat busines yang dapat dinilai. Keberhasilan pada tahapanimplementasi
e-commerce
untuk usaha kecil dan menengah tidak hanya terkait denganmasalah kesempatan. Para peneliti telah mengidentifikasi faktor-faktor kesuksesan kritis yangdapat membantu perusahaan dalam menentukan kesuksesan usaha kecil dan menengah dalam
e-commerce
. Faktor-faktor tersebut antara lain; memandang produk sebagai sesuatu yangkritis, metoda pembayaran harus fleksibel, pembayaran secara elektronik harus aman, pengendalian inventori merupakan hal yang krusial, jasa logistik harus cepat dan reliabel,adanya dukungan pemilik, dukungan pemasok, visibilitas pada internet yang tinggi, bergabung dengan komunitas online dan terakhir, sebuah web seharusnya menyediakan berbagai jasa atau fitur yang diperlukan oleh konsumen atau pelanggan. Beberapa bisnis
e-Commerce
yang sukses dibidangnya adalah sebagai berikut:
EBAY.COM
 Ebay
adalah situs Jual-beli yang paling terkenal dan laku dipergunakan olehmasyarakat di dunia. Situs web pelelangan online ini ditemukan di San Jose, California, padatahun 1995 oleh Programer Komputer Prancis kelahiran Iran yang bernama Pierre Omidyar.Item barang yang pertama dijual di Ebay adalah tongkat laser yang rusak dengan harga
3
http://htmlimg3.scribdassets.com/1jxlz3j39cs1t7c/images/3-91ca4b76d1.png

Kamis, 14 Juni 2012

Mail Merge Open Office


Penggunaan Mail Merge dalam Office Writer
Dalam pembuatan office vriterkali ini, kita ditugaskan untuk membuat MailMerge.
Adapun cara pembuatannya sebagai berikut. Input undangan terl ebih dahulu,


Kemudian, setelah itu, Iangkah selaniutnva. klik tools, pilih, "mail merge wizard", lalu.. ikuti Iangkah-langkah selanjutnya .


Pilih "use the current document " jika kita berada daiam lembar kerja yang sedang ingin kita kirim. dan
Kemudian klik next .lalu pitih tipe dokumen. email jika anda ingin mengirim dokumen dengan email, "letter"apa bila anda ingin mengirim surat dalam bentuk letter. Dalam hal ini saya akan menggunakan letter'.  Setelah itu Masukkan addres box seperti ada dalam gambar dibawah ini.



Setelah anda klik new. lalu simpan data alamat tadi. Kemudian add dalam pengiriman
Maka hasil Output adalah seperti gambar di bawah ini. Teruskan mengisi surat undangan ke alamat yang ingin anda kirimkan, lalu hasil akhirnya akan keluar seperti digambar di bawah ini.



Dapat kita Iihat bahwa, Agam Sudarsono yang telah kita simpan tarli, narnan
" terlihat dalam surat ini. di atas
kirim lembar undangan.